Senin, 11 Mei 2020

Manfaat Terbaik dari Pull-up untuk Tubuh Anda

Manfaat Terbaik dari Pull-up untuk Tubuh Anda - Latihan pull-up selalu ditampilkan sebagai olahraga untuk menunjukkan kekuatan seseorang. Namun, latihan pull-up tidak hanya untuk menunjukkan otot dan kekuatan punggung Anda, tetapi juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Seperti halnya latihan kekuatan, manfaat utama pull-up adalah melatih kekuatan otot Anda. Namun, apakah Anda sudah tahu otot apa yang sedang dilatih dan apa manfaat lain dari pull-up?

Manfaat Terbaik dari Pull-up untuk Tubuh Anda

Manfaat pull-up untuk tubuh
Pull-up adalah salah satu latihan kekuatan otot bagian atas yang praktis dilakukan. Anda bisa membuat pull-up sendiri atau membelinya di toko alat olahraga. Berikut ini beberapa manfaat pull-up yang bisa menarik perhatian Anda.

Memperkuat otot punggung
Manfaat utama dari pull-up bar adalah untuk memperkuat otot punggung Anda. Anda tidak perlu khawatir karena pull-up mencapai berbagai bagian otot punggung, seperti trapezius, otot-otot antara bahu dan leher, dan otot-otot di sekitar tulang punggung.

Tambahkan kekuatan pegangan
Kekuatan dalam memegang atau memegang benda sangat penting saat berolahraga, terutama angkat berat. Latihan pull-up dapat membantu Anda melakukan olahraga lain yang membutuhkan kekuatan genggaman optimal. Selain membantu Anda berolahraga, latihan pull-up juga dapat membantu kegiatan sehari-hari, seperti mengangkat bahan makanan dan membuka kaleng.

Memperkuat otot lengan dan bahu
Tidak hanya otot punggung, otot lengan dan bahu juga latihan kekuatan melalui latihan pull-up. Padahal, manfaat pull-up yang satu ini masih bisa dirasakan meski Anda hanya nongkrong di pull bar.

Bagaimana Manfaat Terbaik dari Pull-up untuk Tubuh Anda?


Meningkatkan kekuatan dan stamina tubuh
Manfaat menarik lainnya adalah membantu meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh. Saat melakukan latihan ini, Anda harus mengangkat berat badan secara keseluruhan yang tentunya dapat meningkatkan kekuatan Anda. Latihan kekuatan memainkan peran penting dalam pengembangan tulang yang kuat dan sistem kardiovaskular yang sehat.

Baik untuk kesehatan mental
Selain baik untuk kesehatan fisik, pull-up juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Latihan kekuatan dapat membantu mengurangi kelelahan, gejala depresi dan kecemasan.

Selain itu, latihan kekuatan juga dapat meningkatkan fungsi kognitif dan harga diri. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan tentang manfaat pull-up pada kesehatan mental.
Bagaimana cara melakukan pull-up yang benar?

Anda tidak akan bisa mendapatkan manfaat dari pull-up jika Anda melakukan gerakan yang salah. Alih-alih melatih kekuatan otot, Anda justru bisa cedera.

Hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai latihan pull-up adalah memastikan bahwa pull bar tidak tinggi dan dapat dijangkau oleh Anda dan tidak terlalu pendek untuk membuat kaki Anda rata di lantai saat menggantung.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pull-up yang benar.

  • Berdirilah dengan kaki selebar bahu di bawah pull-bar.
  • Lewati dan tahan bar tarik dengan telapak tangan menghadap ke luar.
  • Rentangkan tangan Anda sehingga Anda tergantung pada batang tarik dan tekuk lutut dan silangkan pergelangan kaki Anda untuk menyeimbangkan tubuh Anda.
  • Tarik napas dan buang napas saat Anda mengangkat diri hingga dagu Anda sejajar dengan batang tarik.
  • Tahan posisi itu selama beberapa saat sebelum menurunkan diri dari batang penarik saat menghembuskan napas. Turunkan diri Anda sampai siku lurus ke bawah.
  • Ulangi gerakan tanpa menyentuh lantai sesuai dengan jumlah repetisi yang Anda inginkan.

Saat melakukan pull-up, jangan mengangkat atau menurunkan tubuh Anda terlalu cepat dan pastikan Anda tidak memegang palang penarik terlalu lebar dan biarkan siku menjauhi tubuh. Demikianlah Artikel tentang Manfaat Terbaik dari Pull-up untuk Tubuh Anda semoga bermanfaat.